Senin, 28 Oktober 2019

Kebudayaan Orang Madura


kebudayaan-orang-madura
Kontes Sapi Sono' se- Madura.



         Kebudayaan adalah seperangkat adat istiadat yang mencakup kepercayaan, kesenian, peraturan atau norma-norma yang terdiri dari nilai-nilai moral, yang di turunkan oleh nenek moyang kita secara turun menurun sebagai pengetahuan dan pedoman kelangsungan hidup. Dari definisi diatas, masyarakat Madura memiliki kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan masyarakat-masyarakat pada umumnya.

Masyarakat Madura memiliki corak, karakter dan sifat yang berbeda dengan masyarakat Jawa yakni, masyarakatnya yang santun, membuat masyarakat Madura disegani, dan dihormati bahkan “ditakuti” oleh masyarakat yang lain.


kebudayaan-orang-madura
Foto Pawai Masyarakat Madura.


Kebaikan yang diperoleh oleh masyarakat Madura akan dibalas dengan kebaikan juga. Namun, jika dia disakiti atau diinjak harga dirinya, tidak menutup kemungkinan mereka akan membalasnya, sampai berujung kematian bagi yang menyakitinya.



kebudayaan-orang-madura
Anime ilustrasi  Sakera.



         Masyarakat Madura masih mempercayai adanya kekuatan magis, salah satu bentuk kepercayaan mereka terhadap hal-hal yang berbau magis seperti benda pusaka yang berupa keris, celurit, besi kuning, dan ilmu gendam sebagai pendukungnya.

Mereka diam bukan berarti mereka takut saat di injak-injak harga dirinya, mereka berfikir dulu sebelum melalukan tindakan, bisa saja mereka nekat membunuhmu, tanpa ada niat di dalam pikirannya, setiap orang madura yang merantau keluar wilayahnya dengan tujuan mencari nafkah, mereka sudah dibekali dari petuah-petuah desa, jadi kalian berhati-hatilah dengan orang madura.





Baca juga artikel lainnya :
Seputar Pulau Madura
Aneka Kuliner Khas Madura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo,,,

Selamat datang di blog kami, selamat membaca artikel sekilas tentang seputar pulau Madura, dan sekitarnya.

^Terimakasih telah berkunjung ke blog kami^